Gurah Masal ponpes Darul Huda


AHLI GURAH MALANG YANG LANGSUNG 
Di terapi Ahli Gurah Alkaromah malang
Gus Nanang Hariono

pertama-tama menjelaskan apa yang harus dilakukan santri ketika nanti beliau melakukan gurah. Nantinya santri akan diberikan semacam ramuan yang dimasukkan ke lubang hidung. Dan santri dilarang bercanda ketika nantinya digurah. Kemudian beliau juga menjelasakan manfaat gurah, tidak hanya untuk kesehatan tapi juga untuk membantu suara menjadi lebih merdu.


“Manfaat gurah suara akan menjadi nyaring, bening, kuat, lantang, panjang, bersih, merdu, dan halus”, jelas beliau.
Gus Nanang Hariono menjelaskan lebih lanjut tentang gurah ini, bahwa untuk yang ikut gurah tidak ada pantangan sama sekali. Hanya saja sangat dianjurkan selama tiga hari agar mengurangi makanan yang bersifat pedas, es, dan gorengan. Boleh makan yang disebutkan tadi, tapi sedikit.
Setelah penjelasan, beliau langsung meminta semua peserta untuk langsung bersiap di tempat yang telah ditentukan. 

GURAH HIDUNG.

MANFAAT GURAH.
Manfaat gurah bagi kesehatan
=========================
Meskipun gurah termasuk ke dalam terapi pengobatan tradisional tetapi manfaat gurah telah banyak diakui karena telah dirasakan oleh para pasien terapi. Ada beberapa manfaat gurah yang perlu Anda ketahui.

Apa saja manfaat gurah? Beberapa manfaat gurah, di antaranya adalah:

1. Membuat suara lebih merdu
Terapi gurah telah banyak dirasakan manfaatnya oleh para penyanyi dan qari. Hal ini dikarenakan manfaat gurah dapat membuat suara menjadi lebih merdu karena dahak dan lendir yang mengganggu sudah banyak terbuang.

2. Menjernihkan suara
Manfaat gurah juga dapat membuat suara menjadi lebih jernih. Selain jernih, suara Anda juga akan semakin nyaring dan lantang. Jangan heran jika para penceramah, reporter, guru, atau pembawa acara banyak yang melakukan terapi gurah.
3. Memperpanjang napas
Ramuan diri tanaman sirgunggu yang dapat mengeluarkan dahak dan lendir berdampak positif terhadap volume paru-paru. Volume paru-paru menjadi lebih banyak sehingga membuat napas lebih panjang.

4. Mencegah dan mengobati berbagai penyakit
Gurah juga memiliki manfaat kesehatan karena manfaat gurah bisa mencegah dan mengobati beberapa jenis penyakit. Beberapa penyakit yang bisa dicegah dan diobati adalah sinusitis, asma, sesak napas, sakit kepala, migrain, batuk berkepanjangan, alergi, flu, dan beberapa gangguan pernapasan lainnya.

PASCA / SETELAH GURAH.

*PASCA GURAH HIDUNG*
Ketika proses gurah akan terasa  panas di hidung, terasa nyegrak, kemudiam pasca / setelah gurah biasanya masih terasa ada lendir di area tenggorokan atau hidung bagian luar, klo memang sdh berada di area luar maka bisa di keluarkan, di sisikan atau di tarik melalui nafas.
satu atau dua hari efeknya biasanya masih tdk nyaman.di tenggorokan. Setelah gurah terasa keju dan capek krn lamanya menahan posisi terjungkal mk dr itu ketika gurah usahakan kliean nyaman dan santai,klo perlu klien bisa mainkan ponsel untuk menyamankannya.
Saran-saran setelah gurah :

1. Perbanyak minum air putih
2. Hindari makanan atau minuman manis dan  bersantan
3. Hindari makanan  berminyak / makanan gorengan
4. Hindari minum es
5. Istirahat yang cukup.
6. Hindari merokok.
7. Pakailah masker

Semoga bermanfaat...

Ahli Gurah Alkaromah Malang
081937771745