GURAH MASAL AHLI GURAH ALKAROMAH

   Gurah Masal AHLI GURAH ALKAROMAH
       Hari santri Nasional kota malang
                       Blimbing MALANG
                           JAWA TIMUR
                     Pembukaan langsung





Kumpulnya Para Imam Masjid dan Muadzin di Pondok pesantren P, P I'anatut Tholibin Asuhan  KH Saifudin Zuhri Di Jl Simp , Panji Suroso 1 Kelurahan Purwodadi  Kec Blimbing Malang

pada antre mengikuti terapi tradisional berupa gurah masal. Tak hanya kaum laki-laki, banyak pula santriwati yang memberanikan diri ikut gurah masal.

 Saat meneteskan Ramuan Gurah pada hidung kanan dan kiri
       Setelah itu para peserta tengkurap




Terapi gurah masal ini digagas langsung oleh Ahlinya terapis Thabib Nanang Hariono terapis Pengobatan Alternatif ALKAROMAH malang, bekerjahsama MWCNU kelurahan Blimbing Kota Malang.

Gurah masal ini dipusatkan di Ponpes Pesantren I'anatuth Tholibin, baik untuk gurah mata maupun gurah biasa untuk membersihkan lendir di tenggorokan.

“Ada lebih dari 100 orang yang ikut, memang paling banyak itu Para Imam masjid dan Muadzin dari
beberapa Masjid dan santri pondok pesantren tersebut dan masarakat umum juga. Ini merupakan bukan yang pertama kali kami di Undang untuk mengurah Masal, awalnya saya terkait kegiatan gurah masal ini adalah untuk memperingati acara Hari Santri Nasional ,” terang Ketua Pengobatan Alternatif alkaromah malang Gus nanang Hariono Ch, sabtu (26/10/2019).

Menurutnya, terapi gurah ini merupakan salah satu media pengobatan tradisional untuk membersihkan lendir pada bagian tenggorakan maupun di sekitar mata. Sehingga peserta gurah paling dominan dari santri yang menjadi qori dan qoriah.

“Misalnya gurah mata, saya sendiri saya juga menerapinya dan ini baik untuk kesehatan mata karena dibersihkan dari kotoran. Gurah pada tenggorokan sendiri biasanya untuk mengeluarkan lendir, nantinya dapat menjaga pita suara juga,”

Khusus bagi qori dan qoriah, kata dia, setelah gurah tenggerokan biasanya harus menghindari makanan berminyak seperti gorengan, Santan dan pedas.

“Minimal biasanya empat hari maksimal satu minggu itu tidak boleh makan gorengan maupun es. Tapi kalau hanya untuk kesehatan biar pernapasan lebih lega sih nggak apa apa, yang nggak boleh itu bagi yang menjaga pita suara untuk qori maupun qoriah,” anjuran saya

Saya menjelaskan, terapi gurah dilakukan minimal dalam 3 bulan sekali dan bisa 1 tahun ini sekali. Sebab informasi dari terapis gurah idealnya memang dilakukan 3 s/d  1 tahun.

“Bagusnya memang 3 bulan sekali itu ikut gurah, kalau maksimal 1 tahun sekali lah. Karena yang sering pakai motor kan banyak debu yang bisa menempel di paru-paru dan pernafasan, apalagi perokok harus juga jaga kesehatan dengan terapi gurah ini,”.

“saya lakukan terapi Gurah masal ini untuk memperingati Hari santri Nasional.

setiap Pasien Gurah membutuhkan waktu sekitar 1 Jam dalam proses saat gurah. Sedangkan orang dewasa khususnya perokok membutuhkan waktu lebih lama sekitar 1 s/d 2 jam.

“Kalau santri itu kan masih muda, istilahnya belum banyak terkontaminasi lah dengan rokok, beda kalau dengan orang yang sudah perokok. Ramuan obatnya untuk gurah juga tetesannya setiap masing-masing pasien, tergantung dari orang yang di gurah itu sendiri,”

Semoga menjadikan Kemanfaattan

Bagi yang butuh jasa terapi gurah bisa datang ke
Jln Letjen S Parman Gang Glintung 1
No 59 RT 02 RW 05 KEL PURWANTORO BLIMBING MALANG JAWA TIMUR

Yang Buka setiap Hari
Pagi 08:00 s/d 11:00 siang
Sore 15:30 s/d 21:00wib

Untuk Contact Whastapp Gus Nanang Hariono 081937771745