GURAH MASSAL Ustadz Thabib NANANG Terapis GURAH NUR AL-KAROMAH MALANG



 Sedikitnya 50 santri Pondok Pesantren AN-NUR Bululawang JAWA TIMUR mengikuti acara Bakti Sosial Pengobatan Gurah (pembersihan lendir) Massal di kompleks Aula PONPES AN-NUR Bululawang, Kamis (17-8-2015) Siang. Santriwati ponpes yg ingin memiliki suara Merdu & Bagus

Kegiatan yang menjadi rangkaian para santriWati pondok pesantren An-Nur bululawang

Dalam sambutannya, Ustadzah menyampaikan kesannya sewaktu melakukan gurah. "Dulu saya pernah sakit pilek, kemudian saya melakukan gurah. Setelah itu, bertahun-tahun kemudian saya tidak pilek lagi," tutur ustadzah.

Bagi kalangan pesantren, gurah memang bukan hal yang asing lagi. Mereka terbiasa melakukan gurah guna menjaga kesehatan dan kualitas suara agar tetap merdu.

  Kami Ustadz Thabib Nanang Hariono, spesialis gurah asal Malang yang telah melahirkan tabib-tabib gurah handal, mengatakan, "Manfaat gurah banyak sekali bagi kesehatan tubuh, di samping dapat meningkatkan kualitas suara agar lebih nyaring dan merdu, gurah juga berkhasiat membersihkan paru-paru, mengobati sakit mata dan bahkan mampu menyembuhkan mata minus," ujarnya di sela-sela menggurah puluhan santriwati.

Lebih lanjut, Saya Tabib nanang menjelaskan bahwa gurah adalah pengobatan tradisional dengan membersihkan dan mengeluarkan lendir yang kotor, beracun, dan mengandung berbagai kuman penyakit. Teknisnya pun beragam, salah satunya dengan meneteskan ramuan khusus ke dalam hidung pasien.

"Ramuan tersebut akan membuat semua syaraf tubuh bereaksi menekan, sehingga lendir-lendir yang kotor dan beracun dalam tubuh akan keluar. Lendir tersebut keluar melalui rongga hidung dan mulut. Setelah lendir yang kotor keluar dari tubuh, pernafasan, pencernaan, dan darah akan menjadi bersih, tubuh pun akan sehat," tambahnya.


Meski gurah memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh, namun eksistensi pengobatan gurah kini terancam punah. Pasalnya, minimnya kaderisasi dituding menjadi penyebabnya. Acara Bakti Sosial Pengobatan Gurah Massal seperti yang digelar Pesantren An-Nur BULULAWANG barangkali dapat menyadarkan banyak pihak akan pentingnya revitalisasi pengobatan tradisional warisan leluhur tersebut. 
SEMOGA INFO INI BERMANFAAT BAGI WARGA MALANG RAYA 
Concact person WhatsApp 081937771745